Jumat, 31 Maret 2017

BELAJAR DAN MENGENAL NOTASI BALOK

Belajar Musik, tentunya juga belajar Notasi juga. Notasi balok atau biasa disingkat dengan Not balok adalah salah satu bentuk atau simbol dalam musik, selain itu ada pula notasi yang menggunakan angka yang disebut dengan notasi angka dan notasi huruf.

Memahami notasi balok dasar sangatlah mudah. Namun, tahukah bagaimana membaca atau menulis not balok?. Notasi balok atau Not balok merupakan simbol standar dalam musik yang ditulis atau diletakkan pada garis-garis yang disebut "Garis Paranada". Garis paranada ini berupa lima garis sejajar yang digambar secara horizontal atau mendatar. Dengan garis paranada inilah notasi-notasi itu diletakkan/ditempatkan untuk menentukkan tinggi rendahnya nada. Nada-nada yang disusun secara berjenjang akan membentuk sebuah susunan nada yang disebut tangga nada.

Notasi-notasi itu bisa juga ditempatkan diantara satu garis ke garis yang lain di dalam garis paranada tersebut, yang disebut spasi.




Notasi balok disimbolkan dengan beberapa bagian :





Namun, tidak semuanya not balok terdiri dari kepala not, tangkai dan bendera. Ada pula bentuk not balok yang tanpa menggunakan tangkai, ada pula yang menggunakan tangkai tetapi tanpa bendera, dan ada juga not yang menggunakan bendera lebih dari satu. Dari bentuk inilah yang akan menentukan panjang pendek atau durasi not.


Nama, Bentuk, Nilai Not Balok dan Tanda Diam





Semakin banyak bendera, maka semakin pendek durasi not itu dimainkan.


Penulisan not yang menggunakan bendera, dapat dituliskan dengan cara menggabungkan masing-masing bendera satu dengan yang lain hingga membentuk sebuah garis antara 1 not ke not yang lain. Namun tanda istirahat tidak dapat digabungkan seperti penulisan pada not.




Sebagai dasar untuk memudahkan dan memahami dalam membaca atau menulis notasi balok. sebaiknya menggunakan birama yang umum digunakan, yaitu birama 4/4.

Sumber: http://sinau-teorimusikdasar.blogspot.co.id/2016/03/belajar-dan-mengenal-notasi-balok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar